Laman

Sabtu, 18 Juni 2011

Percobaan IPA SD


FOTOSINTESIS MENGHASILKAN GAS

 

Tujuan

Siswa dapat:
1.    membuktikan bahwa pada fotosintesis akan menghasilkan gas;
2.    mengamati bahwa cahaya langsung mempengaruhi jumlah gas yang dihasilkan.
 
Saran Penerapan dalam Struktur Pembelajaran
Percobaan ini dilakukan sebagai kegiatan inti atau kegiatan pemantapan pada pembelajaran “Fotosintesis”.

Alat dan Bahan
1.    2 gelas bening
2.    2 corong bening
3.    2 penjepit kayu
4.    air
5.    tumbuhan air, misalnya hydrilla
6.    plastik transparan (lubang disesuaikan  dengan ukuran gelas bening)
7.    jam berjarum detik





Prosedur
1.    Buatlah lubang pada plastik transparan yang besarnya disesuaikan dengan besar gelas.
2.    Buatlah dua set rangkaian alat yang masing-masing terdiri dari gelas bening yang berisi air, hydrilla, dan tabung reaksi penuh air seperti pada gambar. Pastikan jumlah dan panjang hydrilla pada setiap gelas selalu sama dan masukan ke dalam corong.
3.    Letakanlah kedua rangkaian tersebut di tempat yang berbeda; satu di dalam kelas, dan lainnya di luar kelas yang terkena cahaya matahari langsung!
4.    Hitunglah gelembung udara yang ke luar, dan bandingkan jumlah gelembung gas yang dihasilkan tumbuhan hydrilla yang berada di dalam kelas dengan yang terkena cahaya matahari langsung!

Pertanyaan
1.    Manakah yang lebih banyak menghasilkan gelembung gas, rangkaian yang terkena cahaya matahari langsung atau rangkaian yang diletakkan di dalam kelas?
2.    Apakah hydrilla masih menghasilkan gas jika cahaya matahari diganti dengan cahaya lampu?
3.    Apakah gas yang dihasilkan akan bertambah terus?
4.    Apa yang dapat dilakukan untuk mengukur volume gas yang dihasilkan tumbuhan per menit? Buatlah di dalam tabel!

Penjelasan
Cahaya matahari langsung intensitasnya lebih tinggi daripada yang tidak langsung. Hal ini akan mempengaruhi jumlah gelembung gas yang dihasilkan pada fotosintesis tumbuhan hydrilla. Kegiatan fotosintesis dapat diukur dengan jumlah gelembung gas yang dihasilkan dari bagian tumbuhan air. Dari pengukuran banyaknya gas yang dihasilkan akan terlihat bahwa laju produksi gas meningkat bila intensitas cahaya meningkat.

Gelembung gas yang dihasilkan pada peristiwa fotosintesis adalah oksigen. Selain cahaya matahari, cahaya lampu, dan cahaya dengan warna tertentu dapat menghasilkan gelembung gas. Warna nila dan merah dari cahaya lampu dapat mempercepat penghasilan gas. Oleh karena itu, umumnya akuarium dilengkapi dengan lampu ungu agar tumbuhan didalamnya menghasilkan gelembung gas.

Penggunaan hydrilla pada percobaan ini dimaksudkan agar mudah mengamati gelembung udara dalam air. Semakin lama percobaan ini di lakukan, semakin berkurang air di dalam botol. Ini menunjukkan bahwa di dalam botol terkumpul gas hasil fotosintesis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar